Selamat!! anda terdaftar sebagai visitor ke :

Kamis, 11 Juni 2009

Kerudung. Tantangan buat orang cantik. Antara kewajiban dan kesenangan.


Temanku ini namanya Gista. Percaya nggak percaya, agamanya 100% islam. Walaupun kalo dia ngaku Kristen pun banyak yang percaya. Gimana nggak? Physically, badannya oke banget, kulitnya putih bersih mulus walaupun dimukanya ada jerawat merah2 tapi ga ngaruh lah. Mata sipit, hidung n bibir mungil kemerah-merahan.

Pertama kali gw ketemu juga gw kira orang cina. Ternyata dia bilang asli jawa, kok. Duh, senyumnya maniiiis bangeettt!!! Dia malah nanya balik, kok semua orang nyangka dia turunan Cina, padahal sebenernya dia ada darah Belanda.

Orang-orang yang ngeliat dia pasti nyangka kalo Gista nih artis baru. Sekilas mirip Dian Sastro, sekilas mirip Marshanda, sekilas mirip Zaskia Adya Mecca, sekilas mirip Asmirandah, sekilas mirip Agnes Monika. Duh, pasti yang terbayang dimuka kalian tuh cewek imut2, kan? Gak mungkin dong wajah Omas yang kebayang??

Tapi tau nggak, sebenarnya orang cantik itu juga punya keluh kesah. Kalau dia punya prinsip hidup yang smart, dan nggak sembarang smart pasti kisahnya bakal kaya si Gista ini. Gak tau kenapa tiba-tiba aja dia memutuskan untuk make kerudung. Padahal gak ada yang maksa dia untuk begitu. Bisa dibilang dia udah cukup seneng dengan apa yang dia pake sekarang. Bebas, ga usah tertutup kaya orang cupu. Rambut bisa dimodif, di iket sana, blow sini, bonding sana, kriting sini. It’s FUN bwat dia. Waktu dia mau masuk kuliah, tiba-tiba aja minjem kerudung mamanya trus dia pake kuliah. Berhubung baru masuk, so gak ada yang tau dong aslinya Gista kaya gimana. Sekarang dia pake baju kegedean (dengan badan kecil<156cm/48kg>mungil) yang tertutup dan bertumpuk-tumpuk. Dia pake kerudung yang (menurutnya) paling ibu-ibu abis.

Alhasil, perhatian yg tertuju pada Gista jadi 0%. Tadinya, dia boleh bangga jadi primadona sekolah dari TK sampe SMA. Tapi begitu dia pake pakaian gak modis, pake something yang gak eksis, gak eye catching, out of date. Gak ada yang menghiraukan dia.

Kalo gw jadi dia sih pastinya di hari kedua kerudung akan gw lepas dan kembali seperti sedia kala. Tapi si Gista ini nggak. Gak tau kenapa gak ada terbersit pikiran sedikitpun tentang kerudung. Dia ngerasa hari itu hari biasa aja, ga ada yang berubah dengan dirinya. Seakan ketertutupan yang tadi dia lakukan itu sudah menyatu dengan daging dan tulangnya. Jadi tanpa perlengkapan itu Gista ngerasa telanjang.

Harus diakui, Gista nih muslim, tapi bukannya muslim2 amat. Tau kan anak muda jaman sekarang. Muslim sih ngakunya tapi gak pernah solat. Pake kerudung sih tapi gak pernah solat. Sama dengan Gista. Sebelum pake kerudung, dia emang ga pernah solat. Begitu juga setelah pake kerudung, dia ngga ngerasain hidayah, wahyu atau mukjizat yang bisa mendorong dia untuk pake kerudung. Gista melalui hari demi hari di masa kuliahnya dengan sepi. Nggak ada temen, nggak ada pacar, nggak ada orang yang tertarik untuk mendekati dia. Dia sampe mikir, apa begini deritanya orang pake kerudung? Gista juga nggak mau pake baju2 n krudung2 yg fashionable.

Tapi lama-lama seiring berjalannya waktu dia bener-bener sadar kewajiban orang yang berkerudung. Dia mulai mendekatkan diri pada agama. Mulai rajin solat, pandai mengaji, ikut kegiatan islami. Dia sadar kok kalo hidupnya jadi agak nerd dan kurang booming di kampus ini. Tapi dia pikir-pikir lagi buat apa sih cari booming? Apa ada manfaat? Kalaupun nanti dia buka kerudung dan dapet temen banyak, dan popularitasnya kembali. Buat apa? Oke, buat nambah temen. Tapi temen apa tuh yang tiba-tiba mau bertemen setelah dia buka kerudung dan kembali ‘cantik’ dan eksis? Temen apa yang sekali pandang langsung ngajakin temenan? Get real, man!! It’s not comic!!

Dia juga belajar mengenal cinta sejati yang berkah menurut keyakinannya. Laki-laki dengan akidah yang halal dan berkenan di hati ALLAH. Gista nggak lagi-lagi nggantungin cowok. Gista nggak lagi-lagi gampang nerima dan mutusin mereka dalam jangka waktu yang singkat. Sekali dia bertemu laki-laki ini, dia akan langsung menikah.

Cowok itu namanya Adam. Nggak ganteng. Gistapun gak tertarik sama dia. Pertama ketemu gak ada kesan Adam menaruh hati. Lama-lama ada berani ndeketin. PDKT dengan status SAHABAT itu berlangsung 2 tahun Selama waktu 2 tahun itu, Gista nggak pernah ngganggep Adam lebih dari sahabat. Adam sama seperti Ayu, seperti Lina, seperti Ratu, seperti Lizma, seperti Chita, seperti Kiki, seperti Rida. Seperti Benjamin, seperti Ali, seperti Ahmad, seperti Ruli. Begitupun Adam sebaliknya. Tapi Adam tetap berusaha memikat Gista. Pada akhirnya, Gista pun ngerasa kalau Adam ada hati sama dia dan berjuang agar Gista jatuh hati padanya.

Gista itu bukan anak yang gampang di luluhkan hatinya, semenjak dia meninggalkan dunianya dahulu. Walaupun Adam nggak cakep, tapi Gista tau laki-laki yang cocok untuk mendampinginya hidup adalah laki-laki yang berusaha keras untuk menggapai cita-citanya. Kalau laki-laki bercita-cita untuk menaklukannya, maka ia harus berusaha keras untuk itu. Gista sadar semenjak ia menutup dirinya, nggak banyak laki-laki yang mau bergaul dengannya, dengan itu dia sadar kalau selama ini semua orang ingin dekat dengan outer beautynya saja. Sekarang, ia harus bisa meningkatkan inner beautynya supaya dia tetap terlihat “ada”.

Sekarang, dia udah ngerti kalau Tuhan itu benar2 ada dan benar2 sayang sama dia. Allah melakukan ini demi kita, bukan kita yang melakukan demi Allah. Betapa besar rasa sayang-Nya kepada kaumNya ini.

1 komentar:

ocha cb mengatakan...

Aku suka bgt crita ini,krn aku pny pengalaman masa lalu dg crita setipe.aku salut sm cewe 1 ini,pgn kenalan,dan pgn mnt bnyk saran dr dy..

Koq aku nangis ya bc crita ini?

Slain krn aku bnr2 kagum sm cewe ini,ad yg lain yg ku pikirin..

Kayanya km dlm bgt mendeskripsikan dy?dr hati ya?

my patner

my patner
ochi bisa jadi kaya gini gag y?